Sabtu, 04 April 2015

HIMATIF UNIB IT GOES TO SCHOOL 2015

Informatics Goes to School (IT Goes to School) merupakan program kerja HIMATIF UNIB (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Bengkulu yang bertujuan untuk memperkenalkan dan memberikan pemahaman kepada siswa sekolah menengah atas yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi, mengenai program studi Teknik Informatika khusunya di Universitas Bengkulu. Kegiatan ini dilaksanakan pada 4 Maret 2015 hingga 7 Maret 2015. Kegiatan ini merupakan program kerja dengan sasaran siswa sekolah menengah yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga sekolah di kota Bengkul, diantaranya SMKN 2, SMKN 3 dan SMKN 4 Kota Bengkulu serta dua sekolah di luar kota Bengkulu yaitu SMA Negeri 1 Kabawetan dan SMKN 2 Bengkulu Tengah.

Materi yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi ini antara lain tentang pengenalan tentang Universitas Bengkulu, letak gedung fakultas Teknik beserta beberapa fasilitas Unit Pelayanan yang dimiliki oleh Universitas Bengkulu. Dalam kegiatan sosialisasi ini juga disampaikan tentang jadwal penerimaan mahasiswa baru jalur SNMPTN atau yang dikenal dengan seleksi langsung nasional oleh perguruan tinggi negeri dengan melihat dan menilai data siswa yang diisikan oleh sekolahnya melalui PDSS. Himatif memberikan pemahaman tentang jalur yang akan dilalui untuk masuk ke Universitas Bengkulu selain SNMPTN, yaitu melalui ujian tulis SBMPTN dan Seleksi mandiri oleh Universitas Bengkulu. Disampaikan juga profil pengajar dari program studi Teknik Informatika beserta spesialisasi bidang yang ditangani oleh para dosen teknik informatika UNIB.

Dalam menjelaskan tentang Teknik Informatika, HIMATIF mensosialisasikan dan menyampaikan pemahaman para siswa tentang apa yang akan mereka pelajari ataupun mereka dapatkan di Program Studi Teknik Informatika, karena seringkali ada siswa yang salah memahami program studi ini. Untuk membuat para siswa tertarik dengan program studi ini dipaparkan juga hal-hal yang menjadi keunggulan Teknik Informatika, yaitu kemampuan yang dimiliki mahasiswa TI sudah dapat digunakan dalam masa perkuliahannya dan mahasiswa TI bisa menghasilkan rupiah seperti beberapa entrepreneur yang mengelola bisnisnya di bidang IT. Cara yang dapat dilakukan para mahasiswa TI antara lain dengan berbagai cara diantaranya mengerjakan proyek kerja serta membuat aplikasi-aplikasi sederhana yang bisa membantu kerja mereka dan orang-orang disekitarnya.

Hari pertama sosialisasi, HIMATIF mengunjungi SMK Negeri 2 Bengkulu dengan mempromosikan Teknik Informatika kepada siswa teknik elektro dan TAV. HIMATIF memperkenalkan Teknik Informatika dan menjelaskan beberapa perbedaan yang ada di jurusan yang sedang mereka pelajari dan di Teknik Informatika. Respon yang diberikan dari siswa cukup baik dengan menyimak setiap materi yang dipersiapkan oleh panitia.

Dalam presentasi mengenai Teknik Informatika UNIB, juga ditampilkannya hasil skripsi dari beberapa alumni Teknik informatika Universitas Bengkulu dan contoh-contoh hasil kerja dari dosen program studi Teknik Informatika, diantaranya sistem informasi yang diolah oleh bapak Drs. Asahar Johar M.Sc, selaku dosen Teknik Informatika UNIB.

Siswa yang menjadi peserta dalam kegiatan sosialisasi ini antara lain kelas XII jurusan IPA, jurusan Rekyasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer Jaringan, Teknik Elektro dan TAV dan Teknik Broadcasting. Disini himatif memberikan pemahaman tentang Teknik Informatika dan nampak bahwa para siswa mempunyai minat yang tinggi untuk mengenal dan menjadi bagian dari Teknik Informatika. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apa yang anda pikirkan?